Bekerja & Beribadah

By | April 9, 2015

bekerja_3

Apabila telah ditunaikan sholat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Alloh dan ingatlah Alloh banyak-banyak supaya kamu beruntung. –Al Jumu’ah ayat 10-

Pagi itu seorang lelaki tua seusai menunaikan sholat shubuh pergi dengan penuh semangat buat menggarap sawahnya. Ditemani embun pagi dan hawa dingin yang menyelimuti pagi sang lelaki tua bergegas menjemput rezeki dari Sang Maha Pencipta.

Begitulah setiap hari hidup kita tidak pernah terlepas dari bekerja dan beribadah. Bekerja dan beribadah seperti dua buah makna kata yang berlainan. Padahal tidak demikian.  Hari ini seseorang dikatakan orang sholeh karena terbiasa berdiam di masjid, di surau, berjubah dan cenderung melupakan peranannya hidup di dunia. Ibadah seperti sempit dirasakan maknanya. Bekerja untuk memakmurkan kehidupan di dunia dipandang sebagai aktifitas yang melalaikan kehidupan di akhirat.

Ayat di atas memberikan pencerahan kepada kita semua bahwa aktifitas ruhiyah haruslah dibarengi dengan aktifitas jasadiyah demi mencari karunia Alloh. Seusai sholat kata Alloh, maka bergeraklah kamu dengan segenap aktifitas ragawi untuk mencari karunia Alloh yang bertebaran banyaknya dimuka bumi. Sholat adalah aktifitas yang melibatkan aspek rohani sedang bekerja lebih melibatkan aktifitas fisik. Maka seorang muslim seharusnya menggabungkan keduanya untuk mencari karunia Alloh.

Di era kehidupan yang serba digital ini kita sering kali lupa untuk mensinergikan keduanya. Demi memenuhi hajat hidup yang kian banyak dan mendesak dari pagi bahkan bila perlu sampai pagi lagi kita bekerja membanting tulang. Lalu lambat laun bilamana kebutuhan hidup itu telah terpenuhi maka jiwa menderita kekeringan mencari makna hidup karena rutinitas pekerjaan yang seolah tidak akan pernah berhenti. Di sisi lain ada manusia yang sama sekali tidak menghiraukan urusan dunia dia betah sekali dengan aktifitas menyendiri. Dan kalah dalam persaingan hidup yang memerlukan kompetensi serta kecakapan dalam berbagai bidang.

Hidup ini memang memerlukan pada keduanya. Bekerja dengan giat dan professional. Beribadah dengan penuh taat, berkualitas dan professional. Kelak bila diseru mana orang sholeh?adalah Anda yang mensinergikan keduanya.

Sore hari itu lelaki tua kembali ke rumah dengan membawa hasil panen. Sembari mengharap aktifitas kerja seharian menjadi ibadah. Tiba nanti saatnya menunaikan sholat maghrib lelaki tua beribadah dengan khusyu sambil memanjatkan kesyukuran dari hasil panennya.

Photo credit by Photobucket

NOTE :
Mau update artikel-artikel mencerahkan melalui smartphone seperti yang barusan Anda baca? Langsung saja save + invite nomor WA saya di 0856 9974 568. Bagi yang invite saya akan bagikan BONUS sebuah free ebook atau audiobook. TINGGAL PILIH. Dua-duanya keren koq.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *