Kekuatan

By | April 27, 2015

n250_03

Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. – Surat Ar Rahman ayat 33-

Kamis, 10 Agustus 1995 adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada hari itu bangsa Indonesia membuktikan kepada dunia bahwa negara kita bisa berdiri sejajar dengan negara lain di dunia dalam hal penguasaan teknologi dirgantara. Jutaan pasang mata menjadi saksi terbang perdana pesawat terbang hasil rancang bangun putera puteri Indonesia. Pada usia yang relatif muda antara 20 sampai 40 tahunan putera puteri Indonesia berhasil mengerjakan rekayasa pesawat terbang berteknologi tinggi yang bernama N-250. Mereka bekerja dengan tekun, penuh kerja keras tanpa lelah untuk melahirkan pesawat canggih ini.

Tepat pukul 10.08 WIB pesawat kebanggaan rakyat Indonesia ini terbang dari bandara Husein Sastranegara. Menembus langit Bandung yang saat itu berwarna cerah, menyibakkan angkasa memberitahukan pada dunia bahwa Indonesia bisa.

Banyak kalangan asing menilai bahwa pesawat ini tidak layak terbang. Majalah Asiaweek bahkan menyebutkan pesawat ini sangat mungkin terjadi musibah pada saat terbang perdana. Namun semua komentar negatif itu berhasil dipatahkan dengan terbuktinya N-250 terbang dengan megah melintasi langit Jawa Barat dan Laut Jawa.

Pesawat hasil besutan Habibie beserta para karyawan IPTN ini menggunakan teknologi fly by wire. Perlu diketahui saat itu baru ada 3 pesawat yang menggunakan teknologi ini, yaitu Airbus A-340, Boeing 767 dan N-250. Betapa mengharukan dan membanggakan kita pernah menguasai teknologi dirgantara dengan segala perhitungan rumit serta teknologi canggih guna melintasi langit dengan kekuatan.

Senada dengan kisah di atas bahwa Alloh subhanahu wa ta’ala telah mengumumkan kepada segenap jin dan manusia bahwa jika ingin menembus penjuru langit dan bumi maka tembuslah dengan kekuatan. Pesawat N-250 adalah contoh kecil bukti dari ayat ini. Manusia terlahir dengan kekayaan alam pikiran yang dapat digunakan untuk merajut ilmu pengetahuan demi melahirkan kekuatan.

Ayat di atas seolah memberikan gambaran kepada kita jika ingin menguasai langit dan bumi maka kuasailah ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena ilmu pengetahuan dan teknologi adalah sumber kekuatan.

Akhirnya semoga akan kembali terlahir Habibie – Habibe muda dari kalangan muslim Indonesia demi mengejewantahkan ayat Al Qur’an ini.

Photo credit by : Eksklusif IPTN

NOTE :
Mau update artikel-artikel mencerahkan melalui smartphone seperti yang barusan Anda baca? Langsung saja save + invite nomor WA saya di 0856 9974 568. Bagi yang invite saya akan bagikan BONUS sebuah free ebook atau audiobook. TINGGAL PILIH. Dua-duanya keren koq.