Lebaran Sebentar Lagi..

By | July 14, 2015

Lebaran_3

Alhamdulillah, kemarin artikel saya yang berjudul Pelajaran Bisnis Fenomenal dari Sang Legenda Soichiro Honda telah dimuat di blog bisnis terbaik di Indonesia. Blog strategimanajemen.net itulah namanya. Blog ini telah dinobatkan menjadi blog bisnis nomor 1 di Indonesia dalam acara Pesta Blogger tahun 2010. Blog ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Tidak kurang dari 150 ribu pengunjung nangkring setiap bulan di blog ini. Tentu saja, artikel yang ditulis harus memuat kriteria penulisan yang ditetapkan oleh sang pemilik blog. Bangga sekali rasanya artikel dapat dimuat di blog kecintaan sejuta umat ini. Semoga blog mengajimakna.com ini bisa mengikuti kecemerlangan blog strategimanajemen.net milik Pak Yodhia Antariksa. Aamiin.

Tidak terasa tinggal beberapa hari lagi Idul Fitri akan segera menjelang. Terbayang dalam pikiran kita suasana saling memaafkan. Tak jarang tangis haru mewarnai suasana hari itu. Sanak saudara, kerabat, tetangga, handai dan taulan saling kunjung mengunjungi bersilaturahmi. Aneka makanan dan cemilan beraneka rasa terhidang istimewa di meja. Tawa bahagia menyeruak memenuhi sudut-sudut rumah. Ahh betapa bahagianya bila hari itu telah tiba..

Tapi tidak bisa dipungkiri ada duka yang mendalam manakala Ramadhan akan segera meninggalkan kita. Masih terbayang jelas dalam ingatan kita suasana dini hari makan sahur bersama keluarga. Dilanjutkan sholat shubuh berjama’ah. Melaksanakan shaum seharian penuh kesabaran. Sholat tarawih dan tadarus Qur’an menjadi kebiasaan. Malah di sepuluh hari terakhir Ramadhan kita beritikaf untuk menambah intensitas amalan.

Setidaknya ada 3 semangat Ramadhan yang layak dipertahankan agar kualitas keimanan tetap berkibar :

Pertama, Semangat Kebersamaan. Tahukah kita bahwa lamanya berpuasa kaum muslim tiap negara berbeda-beda? Di Jerman dan Inggris pelaksanaan puasa berlangsung selama 19 jam. Di Yunani bertepatan dengan musim panas tahun ini kaum muslim harus berpuasa selama 17 jam. Lalu bagaimana dengan Indonesia? karena kita berada di belahan bumi trofis kisaran lamanya puasa tidak pernah lebih dari 12-14 jam. Kita mulai puasa mulai pukul setengah lima atau pukul lima dan berbuka jam setengah enam atau jam enam.

Perbedaan waktu seperti ini tidak mengurangi semangat kebersamaan kaum muslim dalam menjalankan syari’at Islam wajib berpuasa di bulan Ramadhan. Selepas Ramadhan semangat kebersamaan ini harus tetap terpelihara. Kamu muslim di belahan bumi manapun ibarat satu kesatuan.

Kedua, Semangat Kebaikan. Selama bulan Ramadhan dengan mudah kita jumpai materi-materi da’wah bertebaran dimana-mana. Dalam bentuk pamflet bahkan dalam bentuk yang lebih canggih dan menarik. Sinetron, yah biasanya dalam bentuk ini da’wah lebih mudah diserap dan diterima.

Berbagai pengajian dan kajian-kajian marak digelar demi menumbuhkembangkan semangat kebaikan. Adakah selepas Ramadhan nanti semangat kebaikan ini masih terus tumbuh dan bersemi? Jawabannya harus. Karena dengan menanam kebaikan berarti menyiapkan tempat di syurga-Nya nanti.

Ketiga, Semangat Ketaatan. Puasa adalah ibadah yang rahasia. Hanya diri kaum muslimin dan Alloh saja yang tahu sejauh mana kualitas puasa yang telah dia laksanakan. Bisa saja kita berbohong sedang berpuasa padahal tidak. Adalah semangat ketaatan kepada Alloh Yang Maha Rahman yang mengendalikan pikiran, jasad dan hati untuk tetap taat berpuasa.

Semangat ketaatan haruslah dibawa dimanapun juga. Sehingga ibadah apapun akan terasa lebih nikmat tanpa paksaan.

Demikianlah 3 semangat Ramadhan yang harus tetap bersemi di hati kaum muslimin. Semangat Kebersamaan. Semangat Kebaikan. Semangat Ketaatan. Bawalah selalu semangat ini. Maka Anda akan menjadi seorang muslim yang terpelihara.

Akhirnya blog kesayangan Anda ini ingin mengucapkan :

Selamat Hari Raya Idul Fitri

1 Syawal 143