Keseimbangan Sempurna di Jagat Raya

By | July 28, 2015

8813969257_5ce23c3d1a_o

Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka, lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian, pandanglah sekali lagi, niscaya penglihatanmu akan kembali padamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itu pun dalam keadaan payah. (Q.S. Al Mulk, 67 : 3-4)

Miliaran bintang dan galaksi di alam semesta bergerak dalam keseimbangan sempurna pada jalur-jalur yang sudah diciptakan untuk mereka. Bintang, planet, dan satelit tidak hanya berputar pada sumbu masing-masing, tetapi juga bergerak bersama sistem sebagai bagian integral. Terkadang, galaksi yang terdiri atas 200-300 miliar bintang bergerak melewati jalur galaksi lain. Namun ajaibnya, tidak terjadi tubrukan yang merusak keteraturan jagat raya. Keajaiban ini patut kita renungkan.

Di alam semesta, konsep kecepatan mencapai dimensi raksasa dibandingkan pengukuran skala bumi. Bintang, planet, galaksi, dan kumpulan galaksi – yang sifat numeriknya hanya bisa dipahami oleh ahli matematika – mempunyai berat miliaran atau triliunan toan dan bergerak di angkasa dengan kecepatan luar biasa.

Sebagai contoh, bumi berotasi pada kecepatan 1.670 km/jam, Jika kita ingat bahwa peluru paling cepat dewasa ini bergerak sekitar 1.800 km/jam, kita bisa membayangkan betapa cepatnya bumi bergerak meskipun bobot dan ukurannya sangat besar.

Kecepatan bumi mengorbit matahari sekitar 60 kali kecepatan peluru : 108.000 km/jam. Jika kita mampu membangun kendaraan yang bisa bergerak dengan kecepatan itu, dengannya kita akan mampu mengelilingi bumi dalam 22 menit. Angka-angka ini hanya berlaku untuk bumi.

Sedangkan angka untuk tata surya bahkan jauh lebih mencengangkan. Kecepatan tata surya sedemikian rupa sehingga melampaui penalaran : semakin besar sistem di jagat raya, semakin tinggi kecepatannya. Kecepatan tata surya mengorbit pusat galaksi adalah 720.000 km/jam. Galaksi Bima Sakti (Milky  Way), dengan kurang lebih 200 miliar bintang di dalamnya, bergerak di angkasa pada kecepatan 950.000 km/jam.

Jelas bahwa resiko tubrukan sangat besar dalam sistem yang begitu rumit dan bergerak cepat. Akan tetapi, tidak pernah ada kejadian semacam itu dan kita bisa melanjutkan hidup denagn aman. Hal itu karena segala sesuatu di jagat raya berfungsi mengikuti keseimbangan tanpa cacat yang ditetapkan oleh Alloh. Karena itulah, sebagaimana dinyatakan dalam ayat di atas, tidak ada “ketidaksesuaian” dalam sistem.

Sumber : KEAJAIBAN AL QUR’AN Karya Harun Yahya

Credit photo by : Cuba Gallery @flickr.com

NOTE :
Mau update artikel-artikel mencerahkan melalui smartphone seperti yang barusan Anda baca? Langsung saja save + invite nomor WA saya di 0856 9974 568. Bagi yang invite saya akan bagikan BONUS sebuah free ebook atau audiobook. TINGGAL PILIH. Dua-duanya keren koq.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *