7 Kebiasaan Baik

By | December 1, 2015

7 kebiasaan

Perhatikan isi pikiran maka akan menjadi kebiasaan. Perhatikan kebiasaan maka akan menjadi karakter. Perhatikan karakter maka akan menentukan nasib hidup. Begitulah pepatah yang biasa kita dengar. Pepatah itu benar adanya. Nasib hidup kita ditentukan oleh kita sendiri. Kitalah yang bertanggung jawab untuk menentukan apakah kita akan melalui hari esok dengan gilang gemilang atau runyam tiada berkesan.

Maka menjadi penting untuk memperhatikan kebiasaan. Kebiasaan-kebiasaan baik akan menumbuhkan hal baik. Begitupun sebaliknya.

Di bawah ini ada 7 Kebiasaan Baik yang perlu kita renungkan lalu kita ejawantahkan dalam kehidupan sehari-hari. Apakah 7 Kebiasaan Baik itu?

Pertama, Kebiasaan Bersyukur. Seperti yang pernah saya tulis di sini bahwa kebiasaan bersyukur akan membuat segala sesuatu menjadi positif. Karena dengan bersyukur akan mengirim gelombang positif ke semesta kemudian akan memantulkan balik kepada kita.

Sejumlah riset tentang perilaku manusia membuktikan bahwa orang yang biasa bersyukur cenderung lebih optimis, jiwanya lebih tenang, lebih jarang kena penyakit, dan bisa menjalani hidup dengan happy. Kita tahu kebahagiaan merupakan pondasi buat membangun masa depan. Kebiasaan bersyukur akan membuat diri lebih tangguh dalam merajut masa depan.

Kedua, Kebiasaan Berbicara Baik. Di berbagai media, entah itu media cetak maupun elektronik ramai dibicarakan tentang kejelekan orang lain. Membicarakan berbagai kemunduran, kegagalan dan fakta negatif lainnya yang membuat kehidupan semakin runyam. Padahal menurut ilmu positive psychology jika ingin membangun sebuah kemajuan kita harus mengapresiasi kemajuan yang sudah ada. Kita harus menumbuhkan tradisi membicarakan kemajuan dan kemakmuran. Bukan malah membicarakan kemunduran.

Jika Anda ingin hidup maju fokuslah pada kekuatan Anda. Bukan malah Anda fokus pada kelemahan yang akan membuat Anda menyalahkan semua keadaan. Mulai fokus pada bright spot Anda. Katakan Insya Alloh saya bisa, Insya Alloh saya mampu. Hal ini akan membuat Anda lebih bersemangat daripada mengatakan sebaliknya.

Ketiga, Kebiasaan Membaca. Berapa banyak buku yang sudah Anda baca? satu, dua atau tidak sama sekali? Minimal setiap bulan kita membaca satu buah buku. Buku yang dibaca tentunya buku yang bermutu. Buku yang  bisa menambah khasanah pemikiran kita dan membuat lebih wise.

Seringkali kita lebih sibuk baca berita di media sosial. Berita tentang kisruh sepakbola, tentang tawuran antar warga. Itu tidak ada hubungannya dengan perubahan nasib Anda. Syukur” Anda lebih banyak membaca informasi yang berguna seperti blog mengajimakna.com ini 😀

Keempat, Kebiasaan Belajar. Belajar apa saja, belajar dimana saja. Yang dimaksud belajar di sini tentu hal yang positif yang bisa mengayakan pikiran, menambah keterampilan, mengasah kepekaan. Ada pepatah mengatakan : setiap orang adalah guru, setiap tempat adalah sekolah, dan setiap hari adalah proses pembelajaran. Pembelajaran acapkali lebih mengena jika belajar dari kehidupan langsung.

Kebiasaan membaca harus diiringi dengan kebiasaan belajar. Langsung mempraktekkan apa yang telah kita baca. Sehingga hasilnya bisa langsung terasa. Bagi seorang muslim kebiasaan membaca Alqur’an harus pula disertai dengan pengamalannya. Agar maknanya lebih terasa.

Kelima, Kebiasaan Fokus pada Hasil Akhir. Mulai dibangun tradisi untuk fokus pada hasil akhir. Fokus pada apa yang kita cita-citakan. Apa yang kita impikan. Misal dalam 1 tahun ke depan fokus untuk punya rumah impian. Maka mulai dari sekarang Anda akan mulai mendisiplinkan diri untuk menuju cita-cita ke sana. Anda akan menabung, mengatur semua pengeluaran dan sebagainya. Singkat kata, bila hal itu dikerjakan secara fokus Anda akan lebih mudah mencapai tujuan akhir.

Keenam, Kebiasaan Berolahraga. Minimal 30 menit setiap hari kita biasakan untuk berolahraga. Jogging, naik sepeda, renang, atau olahraga apapun. Syukur” bisa 5 kali seminggu atau 4 kali seminggu. Beberapa studi telah mengkonfirmasi bahwa olahraga tidak hanya membuat tubuh sehat tapi membuat batin dan pikiran kita lebih kaya, lebih mekar.

Sebaliknya bila jarang berolahraga maka pikiran kita akan jumud. Tubuh kita akan loyo. Kreatifitas menurun. Maka mulailah membiasakan untuk olahraga secara teratur.

Ketujuh, Kebiasaan Berdo’a. Akhirnya ini merupakan akar fondasi. Bagi muslim punya kebiasaan baik 5 kali sehari untuk berdo’a kepada Sang Maha Pencipta. Berdo’a tidak untuk melulu meminta. Meminta ini meminta itu, meminta kenaikan gaji dan sebagainya. Tidak hanya itu. Berdo’a terlebih lagi adalah untuk memanjatkan rasa syukur atas segala nikmat karunia-Nya. Berdo’a selain menengadahkan tangan juga berarti berikhtiar untuk mewujudkan segala keinginan baik kita.

Demikianlah 7 kebiasaan baik yang harus diingat dan diperjuangkan untuk merajut masa depan yang gilang gemilang cetar membahana.

Photo credit by : jchants @flickr.com

NOTE :
Mau update artikel-artikel mencerahkan melalui smartphone seperti yang barusan Anda baca? Langsung saja save + invite nomor WA saya di 0856 9974 568. Bagi yang invite saya akan bagikan BONUS sebuah free ebook yang sangat menarik.

Related posts :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *