Keajaiban Teknik Visualisasi Positif

By | January 12, 2016

 

visualisasi positif

Apa yang kita pikirkan akan berbalik menyapa kita. Ini adalah hukum bentangan resonansi dan gaya tarik menarik. Hal ini menjadi krusial buat menentukan masa depan hidup kita.

Pikiran atau mindset yang berlimpah hal positif akan balik menyapa dengan hal positif pula. Pikiran yang dirajut dengan keyakinan sembari disertai usaha yang pantang menyerah bisa jadi hal ini menjadi modal buat merajut masa depan yang benar-benar cemerlang.

Sejumlah riset menunjukkan bahwa visualisasi sangat berpengaruh terhadap perjalanan hidup kita. Apa yang kita rasakan saat di dalam pikiran kita membuncah imajinasi positif? kita akan merasa bersemangat buat mencapai impian itu. Sebaliknya bila hanya ada pesimisme, imajinasi kita selalu dibayangi keterpurukan maka jaringan otak perlahan-lahan akan mendorong buat benar-benar mengalami keterpurukan dan kenestapaan.

Ada sebuah kisah tentang seseorang yang berhasil berkeliling dunia hanya gara-gara sering melihat peta dunia. Ingatan dia tentang berbagai negara di dunia itu mendorongnya untuk melakukan perjalanan ke seantero jagad yang belum pernah dia kunjungi sebelumnya. Ada hal ajaib di dalamnya, pada saat kita membangun visualisasi positif sebenarnya kita tengah menyiapkan “cara kerja yang sempurna” pada otak  kita. Dan pada akhirnya otak inilah yang akan mendorong kita buat mencapai imajinasi yang lama bersemayam dalam pikiran kita.

Saya pernah melihat tayangan video seorang pesenam yang beberapa kali gagal menirukan gerakan baru. Pesenam ini harus bisa menirukan gerakan baru dengan sempurna agar menang di olimpiade. Berkali-kali dia mencoba dan terus gagal. Hingga suatu saat, sang pelatih memberikan teknik visualisasi pada sang pesenam. Dia diajarkan untuk membayangkan dalam pikirannya seolah-olah dia telah menguasai gerakan yang sulit itu. Dia diajarkan untuk melihat gerakan yang baru itu secara detail dan disuruhnya sang pesenam untuk merekamnya di memori.

Sebelum memulai latihan sang pesenam benar-benar berkonsentrasi. Dia membayangkan dirinya sedang berada di arena olimpiade. Gemuruh suara penonton membahana memenuhi seisi ruangan. Tiba giliran namanya dipanggil. Teman-teman senegaranya menonton dengan cemas sembari memberikan semangat. Lalu 1,2,3 dia mulai menirukan gerakan sulit itu. Dan waahh.. dia berhasil. Suara tepukan penonton bergemuruh di arena itu. Beberapa kali dia imajinasikan seperti itu. Seolah-olah dia adalah sang atlet professional. Alhasil sang pesenam berhasil meniru gerakan baru yang super sulit itu. It’s amazing.

Hal ini juga mendorong saya untuk melakukan teknik visualisasi seperti kisah-kisah di atas. Ini sangat bekerja buat saya. Beberapa tahun lalu pada awal-awal nikah saya dan istri mempunyai impian buat punya rumah. Setiap hari kami membincangkannya seolah-olah rumahnya sudah ada di depan mata. Setiap pagi kami berimajinasi berada di sebuah rumah yang nyaman dilengkapi dengan garasi dan AC. Imajinasi ini begitu kuat dalam ingatan kami. Hingga akhirnya sudah hampir 3 tahun ini kami menempati rumah yang telah lama kami impikan itu.

Tidak cuma berhenti di situ. Ingat cerita saya di atas? rumah kami saat ini dilengkapi garasi seperti imajinasi sebelumnya. Kami berimajinasi seakan-akan ada sebuah mobil memenuhi garasi. Saking kuatnya keinginan buat punya kendaraan. Kami perjelas dengan visualisasi berupa merk, bentuk dan warna mobil itu. Kami  bayangkan betapa mudahnya bersilaturahmi dengan orang tua dan keluarga di kampung. Kami bayangkan betapa menyenangkannya jalan-jalan bareng istri, anak dan keluarga. Dan tahukah apa yang terjadi? tahun ini Alhamdulillah kami memiliki mobil yang setiap pagi kami visualisasikan itu. (Dan mobilnya jadi gambar ilustrasi tulisan saya kali ini :D)

Teknik visualisasi tidak memberikan Anda kenyataan yang bersifat segera. Tidak serta merta Anda membayangkan setumpuk emas lalu kemudian dalam sekejap mata sejumlah tumpukan emas itu ada di depan mata Anda. Tidak. Teknik visualisasi adalah cara dimana kita merekam imajinasi positif. Lalu sembari kita berikhtiar dan berdo’a tubuh serta pikiran kita akan kuat tertuju ke arah impian kita itu.

Kebiasaan membuat imajinasi positif ini sebenarnya memicu alam bawah sadar untuk menggerakkan alam sadar dengan berbekal memori yang sengaja ditanamkan. Sungguh Sang Maha Pencipta telah memberi anugerah yang begitu besar kepada manusia.

Teknik visualisasi ini telah membuktikan keajaibannya dalam kehidupan saya.

Sayangnya saat itu hanya membayangkan Datsun. Coba kalau saya bayangkan Pajero. 🙁

Jadi apa yang Anda visualisasikan setiap pagi? selamat bervisualisasi…

NOTE :

BANYAK pembaca blog ini bisa mewujudkan mimpinya dengan Teknik Visualisasi Positif. 

Mau tahu caranya?

Hubungi WA 0856 9974 568. Nanti akan saya pandu caranya melalui audio. Tunggu apalagi?

Photo credit by : Datsun GO+ Panca 

NOTE :
Mau update artikel-artikel mencerahkan melalui smartphone seperti yang barusan Anda baca? Langsung saja save + invite nomor WA saya di 0856 9974 568. Bagi yang invite saya akan bagikan BONUS sebuah free ebook atau audiobook. TINGGAL PILIH. Dua-duanya keren koq.

7 thoughts on “Keajaiban Teknik Visualisasi Positif

  1. Agus Nurdin

    intinya ini iklan DATSUN ya kang???heheh…memang bener kang, saya juga alamin hal serupa saat dulu pengen punya rumah…sekarang lagi visualisasi Mobil Toyota Rush warna putih nih….mdh2an segera terealisasi…aamiin.

    Reply
  2. ahmad rojiki

    wah saya juga pengin punya datsun go+ panca warna gold..mudah2an segera terwujud..Aamiin

    Reply
    1. Agus Kurnia S Post author

      Aamiin.. Ini adalah sedikit dari imajinasi saya yang menjadi kenyataan. Tp imajinasinya jangan ketinggian yah. Step by step saja. Biar satu impian terwujud, impian yang lain menyusul. Selamat ber-visualisasi.. 😀

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *