Percayalah Anda Dapat Berhasil !

By | January 26, 2016

yakin dapat berhasil

Keberhasilan. Sebuah kata yang menakjubkan dan cetar membahana. Keberhasilan bisa mengandung banyak makna positif. Keberhasilan berarti kesejahteraan pribadi : rumah yang bagus, mobil yang keren, kebutuhan hidup yang terpenuhi, jaminan pendidikan anak-anak. Keberhasilan berarti kebebasan : bebas dari rasa takut, frustasi, kekurangan, kekecewaan.  Keberhasilan bagi seorang pemimpin berarti kesejahteraan bagi rakyat yang dipimpin. Keberhasilan bagi para orang tua adalah anak-anak yang tumbuh sehat, cerdas, ceria serta memiliki budi pekerti yang luhur.

Keberhasilan berarti kemenangan. Setiap orang menginginkan keberhasilan dalam hidupnya. Tidak seorang pun senang hidup dalam bayangan kegagalan. Elemen kunci yang mendorong terciptanya keberhasilan adalah keyakinan pada diri Anda bahwa sesuatu itu akan berhasil.

Habibie didorong semangat keberhasilan bahwa rakyat Indonesia mampu membuat pesawat terbang mendorong terciptanya N250. Ilmuwan Amerika yakin bahwa antariksa dapat ditembus. Hal ini mendorong mereka untuk melakukan riset, membuat pesawat antariksa, sampai akhirnya mereka mampu menaklukkan bulan. Lihatlah, betapa keyakinan bahwa sesuatu dapat berhasil dilakukan bisa mendorong orang bahkan negara sekalipun untuk mewujudkannya.

Sebaliknya, kesangsian mendorong sebagian besar terciptanya kegagalan. Kesangsian menutup peluang bagi Anda untuk melakukan hal terbaik. Percaya pada diri sendiri bahwa sesuatu itu akan berhasil membangkitkan kekuatan, keterampilan dan energi yang diperlukan untuk berhasil. Jika Anda percaya “Insya Alloh saya bisa melakukannya” dan benar-benar yakin, maka ‘bagaimana melakukannya’ juga akan berkembang secara otomatis. This is some miracle of mind.

Berfikir ragu, maka Anda gagal. Berfikir berhasil, maka Anda menang.

Ibarat sebuah pabrik, pikiran kita memproduksi barang berupa kegagalan dan keberhasilan. Produk kegagalan berada di bawah pengawasan Tuan Kegagalan. Sedangkan Tuan Keberhasilan selalu tersenyum menjaga produk–produk keberhasilannya. Tuan Kegagalan dan Tuan Keberhasilan sangat patuh kepada Anda sebagai pemilik pabrik. Apapun yang Anda perintahkan kedua mandor ini bekerja sangat efektif. Sedikit isyarat mental saja maka mereka mulai bekerja sesuai keinginan Anda.

Untuk melihat bagaimana kedua mandor ini bekerja, coba Anda katakan ini “ Hari ini benar-benar buruk”. Maka dengan segera Tuan Kegagalan akan bertindak. Dia pun menghasilkan sejumlah fakta untuk mendukung bahwa Anda benar. Ia menyatakan bahwa hari ini di luar hujan deras, banyak terjadi kecelakaan lalu lintas, bisnis penjualan akan sepi, Anda akan sakit. Tuan Kegagalan sangat efektif. Dalam beberapa saat saja dia mampu menghasilkan sejumlah fakta buruk. Bahkan sebelum Anda menyadarinya, yang terjadi hari ini benar-benar buruk.

Akan tetapi, coba katakan ini “Hari ini hari baik”. Ini isyarat untuk Tuan Keberhasilan mengambil kendali. Fakta yang akan disajikan adalah hari ini cuaca baik, meskipun turun hujan betapa segarnya pagi ini. Menyenangkan untuk menjalani aktifitas pagi ini. Bisnis penjualan akan sangat ramai. Dan pastilah hari itu menjadi hari yang baik buat Anda.

Dengan cara yang serupa, Tuan Kegagalan memperlihatkan kepada Anda mengapa Anda gagal. Sedangkan Tuan Keberhasilan memperlihatkan bagaimana Anda mampu. Tuan Kegagalan meyakinkan kepada Anda tentang kegagalan. Sebaliknya, Tuan Keberhasilan meyakinkan kepada Anda tentang keberhasilan.

Pekan lalu saya berdiskusi dengan seorang teman. Dia tertarik dengan keberhasilan saya. Dia membaca artikel saya yang berjudul Keajaiban Teknik Visualisasi Positif. Dia tertarik bagaimana mungkin hanya sekedar membayangkan bisa mendapatkan apa yang kita impikan. Saya menjelaskan “Sebenarnya sudah dijelaskan di artikel. Bahwa visualisasi positif tidak memberikan kenyataan yang bersifat instan. Asal kita berimajinasi lalu yang kita khayalkan itu langsung berada di depan mata. Tidak begitu. Visualisasi positif memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang kita impikan. Visualisasi positif tidak akan bekerja bila tidak dibarengi dengan keyakinan bahwa apa yang divisualisasikan bisa mewujud menjadi kenyataan”.

Ibarat kendaraan, visualisasi positif adalah mesin sedang keyakinan untuk berhasil adalah bahan bakarnya. Sebuah kendaraan keberhasilan merupakan gabungan dari mesin visualisasi positif yang tangguh dengan bahan bakar semangat keberhasilan yang menyala-nyala.

Yakinlah kepada diri sendiri bahwa Anda akan berhasil. Maka jalan keberhasilan akan terbentang luas di hadapan Anda. Dan selalulah memohon pertolongan kepada Alloh Sang Maha Pencipta dalam merengkuh samudera kehidupan yang dipenuhi cita-cita.

Photo credit by : Katie Darby @flickr.com

NOTE :
Mau update artikel-artikel mencerahkan melalui smartphone seperti yang barusan Anda baca? Langsung saja save + invite nomor WA saya di 0856 9974 568. Bagi yang invite saya akan bagikan BONUS sebuah free ebook atau audiobook. TINGGAL PILIH. Dua-duanya keren koq.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *