3 Cara Ampuh Memenangkan Persaingan Global

By | February 19, 2016

3 cara ampuh

global

Kisah pilu tentang drama kejatuhan dua perusahaan raksasa asal Jepang itu sungguh memilukan. Toshiba dan Panasonic kini tengah berada dalam pelukan malaikat kematian. Betapa tidak? Masyarakat Indonesia mana yang tidak mengenal dua merk legendaris ini. Produk mereka membanjiri pasar elektronik dalam negeri. Namun kali ini lembayung senja menutupi kisah perjuangan mereka di bumi nusantara.

Mungkin kita pernah ingat ada merk ponsel bernama Nokia. Yah ponsel ini menjadi ikon kebanggan semua orang. Memiliki handphone ini menjadi sensasi tersendiri. Menaikkan kasta kepemilikan handphone satu tingkat lebih tinggi. Tapi kehadiran Blackberry seperti udara yang membius. Perlahan tapi pasti menggelamkan Nokia pada pusaran ombak mematikan. Dikuburnya Nokia dalam-dalam.

Lain lagi dengan kehadiran Android. Software canggih itu kini bertahta di handphone setiap orang. Balutan tampilan luar kini tidak jadi acuan. Era smartphone telah hadir. Tampilan luar bisa saja cuma persegi panjang namun isinya beragam petualangan aneka aplikasi berkat software bergambar robot hijau ini.

Dalam 20 tahun terakhir ini perubahan radikal terjadi di bidang industri elektronik digital. Dalam industri high speed innovation ini amat mudah bagi Toshiba dan Panasonic buat terpelanting dan hanya melongo melihat kecepatan rivalnya.

Kawan, sejatinya ada 3 cara ampuh agar kita bisa memenangi persaingan global. Persaingan yang acapkali harus memeras keringat dan memutar otak buat survive dalam kancah pertarungan.

Cara pertama, Pertajam kompetensi. Kompetensi diibaratkan sebagai sebilah pedang yang menanti tuannya untuk diasah agar semakin tajam. Kelak bila pedang ini digunakan maka akan terlihat keampuhannya. Tebasannya amat ditakuti musuh. Apa jadinya bila berada di arena pertarungan pedang yang digunakan tumpul adanya? So pasti kekalahanlah yang layak diterima.

Kompetensi harus semakin diasah dari waktu ke waktu. Jangan mudah puas dengan kemampuan yang dimiliki. Dalam bidang industri elektronik digital perubahan teknologi berlangsung setiap menit malah setiap detik.

Smartphone asal Cina yang semakin menjamur di republik ini adalah bukti bahwa penguasaan teknologi digital tidak didominasi bangsa barat saja. Dalam era persaingan global perusahaan yang tajam kompetensi bisnisnyalah yang layak bertahan.

Seperti perusahaan, maka pribadi Anda pun harus semakin mekar kompetensinya. Kompetensi ibarat citra diri yang merekam segala jejak kemampuan Anda. Jika kompetensi Anda hebat maka jejak rekam perjalanan Anda pun bakalan hebat.

Seperti Andrea Hirata, penulis buku tetralogi Laskar Pelangi itu secara kompetensi menulis telah dikenal ke seluruh manacanegara. Buku “Laskar Pelangi”-nya telah dicetak dan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia. Dia pun kerap menerima undangan sebagai pembicara di seminar-seminar luar negeri. Atau seperti ustadz Fauzil Adhim, 10 buku hasil tulisannya dinobatkan sebagai buku best seller. Menulis bila telah terbiasa menjadi senjata ampuh yang bisa memekarkan nama penulisnya buat menembus cakrawala dunia.

Cara kedua, Semangat inovasi. Kawan, di dunia ini tidak ada yang berubah. Semua mengalami perubahan. Yang tetap ialah perubahan itu sendiri. Apalagi perubahan teknologi di bidang industri digital yang semakin canggih dari waktu ke waktu.

Pernah saya bercerita tentang Samsung yang melakukan perubahan total di setiap lini agar bisa melibas Sony yang selalu mengejeknya. Persis 25 tahun yang lalu, Sony yang menjadi raja produk elektronik kala itu menertawakan Samsung yang hanya bisa membuat produk abal-abal. Kini dengan kekuatan inovasi produk Samsung mendominasi pasar produk elektronik dalam negeri.

Inovasi menjadi senjata maut buat menandingi kekuatan lawan. Inovasi berarti menandingi kekuatan lawan dengan serangkaian kreatifitas dan keampuhan teknologi.

Inovasi sebagai pribadi berarti kreatif menciptakan sesuatu untuk hal yang bermanfaat. Seperti tulisan-tulisan di blog ini 😀

Cara ketiga, Kekuatan do’a. Kawan, jangan remehkan kekuatan yang satu ini. Kekuatan ini langsung diturunkan oleh Sang Maha Pencipta. Karena melalui do’a untaian harapan kita langsung tertuju pada-Nya. Dan hanya Dia-lah yang sanggup mengabulkan segala sesuatu yang kita panjatkan dalam segenap kekhusyuan kita.

Namun jangan salah kaprah. Tidak hanya cukup berdo’a tanpa disertai usaha. Do’a tanpa usaha bagaikan mengharapkan turun hujan di tengah ganas dan teriknya gurun pasir. Nasib pun tidak akan pernah berubah tanpa disertai usaha dan kerja keras. Do’a dan usaha adalah dua kata yang tidak boleh terpisahkan dalam kamus kehidupan Anda.

Bila kompetensi semakin diasah. Dilanjutkan dengan inovasi yang tiada henti. Selanjutnya memanjatkan do’a dengan segala penuh pengharapan karena hanya Dia-lah Yang Maha Berkehendak.

Photo credit by : www.gratisography.com 

NOTE :
Mau update artikel-artikel mencerahkan melalui smartphone seperti yang barusan Anda baca? Langsung saja save + invite nomor WA saya di 0856 9974 568. Bagi yang invite saya akan bagikan BONUS sebuah free ebook atau audiobook. TINGGAL PILIH. Dua-duanya keren koq.

One thought on “3 Cara Ampuh Memenangkan Persaingan Global

  1. ghae

    Alloohu Akbar…setiap kali membaca karya tulis yang di persembahkan mengaji makna.com selalu menggugah semangat, seneng bgt baca ny.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *