Mindset : Sebuah Gerbang Awal Penentu Kesuksesan

By | July 13, 2016

mindset

Respon apa yang pertama kali terpikir dalam benak Anda bila hadir dalam sebuah forum atau membaca tulisan di media tentang kekayaan? Mungkin sebagian besar dari kita akan berrespon seperti ini “tidak perlu kaya mas asalkan bahagia” atau “harta tidak dibawa mati mas..kebanyakan orang kaya juga hidupnya tidak bahagia” dan sejumlah komentar negatif lainnya.

Hati-hati mas dengan komentar-komentar seperti di atas. Mengapa? Karena bisa jadi itulah yang akan terjadi dalam hidup Anda. Komentar seperti itu hanyalah sebuah pembelaan atas dirinya yang sedang dirundung hidup yang sempit namun acapkali tidak disertai kegigihan dan kerja keras untuk merubah garis nasib hidupnya. Apa yang bisa kita harapkan dengan mental seperti ini?

Banyak orang mengkhayalkan dirinya berada pada kemapanan hidup namun berapa banyak yang sudah mewujudkannya? Jangan-jangan kita hanya sedang asyik dalam dunia imajinasi. Berkhayal berada dalam sebuah rumah mewah dikelilingi taman-taman yang indah, sepanjang hari jalan-jalan dan shopping karena uang yang berlimpah. Saya bisa pastikan mostly kebanyakan orang seperti itu.

Mari kita bedah ada misteri apa dibalik komentar negatif itu?

Komentar negatif awalnya lahir dari alam bawah sadar. Celakanya alam bawah sadar ini yang mengendalikan hidup Anda. Yang menentukan garis nasib hidup Anda. Yang akan memastikan apakah Anda hendak menjadi pemenang atau malah sebaliknya menjadi pecundang dalam kehidupan.

Alam bawah sadar menggerakkan raga nyata kita sesuai dengan yang ditanamkannya. Dia akan bergerak positif bila ditanamkan semangat, kegigihan, keuletan, kerja keras, kreatifitas yang acapkali membawa pada perubahan nasib. Namun bila sebaliknya, jika alam bawah sadar kita hanya berisi hal-hal negatif seperti membayangkan kegagalan, kesedihan, ketakutan maka boleh jadi kita akan terpelanting dalam duka nestapa yang semakin dalam.

Mari sejenak kita pikirkan bukankah bila kita punya rejeki yang lebih hidup kita akan semakin  mudah? Dengan rejeki yang berlimpah ini kita akan semakin nikmat beribadah. Lebih banyak bersedekah. Lebih banyak membantu meringankan beban penderitaan orang lain.

Harta kita akan dibawa mati mas. Harta bila digunakan untuk kebaikan seperti membangun sarana ibadah, memperbanyak sarana pendidikan, serta membangun fasilitas umum yang kesemuanya sederhananya digunakan untuk kemaslahatan orang banyak tentu menjadi bekal di akhirat nanti mas.

Jika kita berpikir naik metro mini lebih membahagiakan ketimbang naik kendaraan sendiri maka ada 2 kemungkinan : Anda sedang menghibur diri sendiri atau Anda sedang terjebak halusinasi. Bukan saya meremehkan tentang keadaan sosial Anda, bukan. Tapi mari kita jujur pada diri sendiri bukankah memiliki kendaraan pribadi jauh lebih nyaman dan tidak berdesak-desakan? Semua itu bisa dicapai dengan kegigihan dan keuletan mas. Dan tentu saja disertai dengan do’a dan kepasrahan pada Yang Maha Kuasa.

Secara tidak sadar Anda mengandalkan mindset untuk meghadapi tantangan hidup sehari-hari. Namun dengan hasil yang berbeda.

Contohnya ada dua orang karyawan yang menerima gaji pas-pasan. Maka akan ada 2 kemungkinan. Karyawan pertama akan berkata : “hari ini saya menerima gaji pas-pasan, saya harus instropeksi..prestasi apa yang perlu saya tingkatkan..pengeluaran apa yang harus saya kendalikan agar cukup sampai gajian berikutnya”.

Atau Anda akan memilih respon seperti karyawan kedua : “hari ini gaji saya pas-pasan..manajemen memang tidak adil, tidak menghargai kinerja saya..dan sebagainya”

Situasi yang sama namun dengan cara pandang yang berbeda. Mengeluh sekeras apapun tidak mengubah fakta bahwa Anda sedang bekerja di perusahaan yang sama. Sebaliknya mindset positif akan menghasilkan tindakan positif yang dapat menyelamatkan hidup Anda.

Be grateful. Be positive.

Photo credit by : Omar Reyes @flickr.com

NOTE :
Mau update artikel-artikel mencerahkan melalui smartphone seperti yang barusan Anda baca? Langsung saja save + invite nomor WA saya di 0856 9974 568. Bagi yang invite saya akan bagikan BONUS sebuah free ebook atau audiobook. TINGGAL PILIH. Dua-duanya keren koq.

2 thoughts on “Mindset : Sebuah Gerbang Awal Penentu Kesuksesan

  1. Kelambit

    Terima kasih sudah mencerahkan. Pola pikir dan cara pandang kita terhadap apapun, termasuk masalah yang sedang dihadapi memanglah menentukan bagaimana kehidupan yang kita jalani. Hal ini sudah saya rasakan sendiri.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *