Kecanggihan Smartphone dan Kekurang Canggihan Penggunanya

By | July 26, 2016

smartphone_1

Di tengah perdebatan apakah bentuk bumi itu bulat atau datar mari sejenak kita renungkan fungsi smartphone di genggaman Anda. Smartphone addiction sepertinya akan terus mewabah dan melanda seluruh umat manusia di dunia. Tanpa disadari berjam-jam lamanya Anda menatap layar smartphone yang telah merampas waktu produktif Anda.

Kita seringkali terjebak pada sebuah aktifitas yang kelihatan sibuk namun tidak berdampak pada kemajuan nasib sama sekali. Setiap hari bahkan setiap saat hidup kita terdistraksi oleh notifikasi online smartphone kita. Acapkali notifikasi itu muncul dalam jumlah yang sangat banyak dan dengan obrolan yang berbeda. Sehingga kita kesulitan berkonsentrasi dengan setiap obrolan yang ada.

Anda scroll percakapan sana sini, klik sana dan klik sini. Sehingga terbiasa dalam kegiatan yang melompat-lompat dan tidak fokus dalam satu hal. Dalam jangka panjang hal ini akan mematikan sel otak untuk berfikir kritis dan kreatif. Kehilangan deep thinking. Sebuah aktifitas berfikir yang fokus dan menghasilkan karya besar.

Belum lagi serbuan game Pokemon Go yang sedang marak akhir-akhir ini. Aktifitas bermain game seperti ini tidak ada kaitannya dengan perubahan nasib Anda. Anda terjebak dalam shallow work. Sejatinya yang telah melakukan deep work (kerja fokus) adalah si pembuat game. Dia telah berhasil menciptakan karya sebuah game dimana Anda ikut bermain di dalamnya.

Cal Newport dalam risalah terbarunya berjudul Deep Work menyebut ada 2 hal yang bisa menjebak pengguna smartphone ke dalam shallow work (aktifitas dangkal). Notifikasi online yang acapkali menyerbu dengan ribuan notifikasi yang kurang berguna. Kemudian aplikasi game online yang seringkali menjebak pengguna smartphone seperti seolah-seolah sibuk padahal tidak berdampak pada perubahan nasib sama sekali.

Smartphone menjebak kita untuk tergoda dan tidak fokus dengan mengikuti aliran laju distraksi notifikasi online.

Smartphone juga merampas waktu berharga kita untuk melakukan deep thinking atau berfikir mendalam. Hal ini sangat penting bilamana kita dihadapkan pada sebuah permasalahan yang membutuhkan ketajaman berfikir.

Sebuah riset neurologi membuktikan kini banyak anak muda generasi digital yang sulit membangun konsentrasi panjang (misal membaca buku 50 halaman). Konsentrasi kita menjadi semakin pendek. Akibatnya kita ingin segera melompat dari permasalahan seperti kita asyik bermain layar smartphone.

Lantas bagaimana caranya agar kita bisa memanfaatkan smartphone demi kemajuan hidup kita? Mari kita ulik satu persatu :

Solusi-1, Matikan smartphone Anda. Secara berkala mulailah membiasakan mematikan gadget atau smartphone. Setiap malam saya membiasakan untuk mematikan smartphone (kecuali ada percakapan yg perlu) dan menggantinya dengan kegiatan lain. Membaca misalnya, atau membuat artikel agar bisa di-update setiap minggu.

Aktifitas membaca sebaiknya bacaan buku kertas. Studi membuktikan membaca bacaan buku kertas akan membangun sel otak lebih tahan lama daripada membaca online. Selain itu mata tidak cepat lelah karena tidak ada radiasi cahaya seperti membaca di laptop atau smartphone.

Dalam artikel berjudul 7 kebiasaan baik saya pernah membahas bahwa membaca adalah sebuah kebiasaan baik yang harus kita punyai demi meningkatkan kemampuan otak kita.

Solusi-2, Manfaatkan smartphone buat menambah pengetahuan dan meningkatkan skill Anda. Banyak orang berjam-jam lamanya menatap layar smartphone tanpa tujuan jelas. Akibatnya mereka terjebak dalam pusaran arus distraksi yang memusingkan kepala.

Coba kita pertegas kembali tentang manfaat pengetahuan demi meningkatkan skills kita. Di era digital seperti sekarang ini banyak informasi berguna yang bisa diambil via internet dengan mudah. Salah satunya blog yang sedang Anda  baca ini 😀

Solusi-3, Manfaatkan smartphone untuk menyebarkan pengetahuan. Hal ini telah saya lakukan semenjak 1 tahun lalu. Melalui blog ini setiap minggu saya menulis artikel berisi tulisan inspiratif. Agar pembaca bisa mendapatkan manfaat dari blog ini.

Mulai minggu kemarin saya membuka layanan broadcast artikel online langsung via smartphone melalui kontak BBM dan WhatsApp saya. Pembaca bisa invite pin BBM saya : D159012C atau invite + save no WA saya di 0859 5662 3930. Bahkan setiap pembaca yang invite pin BBM saya serta menge-save nomor WA saya akan saya berikan free ebook yang sangat menarik.

Demikianlah sekelumit tantang bahaya laten smartphone yang bisa membuat kita menjadi dangkal.

Let’s be smarter than our smartphone.

Photo credit by : gratisography.com

Follow juga Instagram saya di @aguskoernias

NOTE :
Mau update artikel-artikel mencerahkan melalui smartphone seperti yang barusan Anda baca? Langsung saja invite pin BBM saya : D3027B50 atau save + invite nomor WA saya di 0856 9974 568. Bagi yang invite saya akan bagikan BONUS sebuah free ebook yang sangat menarik.

Related posts :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *