Jalan Terjal Nan Melelahkan Demi Meraih Financial Freedom (2)

By | October 12, 2016

financial-freedom_2

Membincangkan masalah keuangan memang menjadi tema menarik. Karena uang memegang peranan penting dalam menentukan tingkat kejehateraan hidup. Dalam artikel lain, saya telah membahas kaitan uang dan kebahagiaan. Dimana menurut penelitian sebelum penghasilan mencapai batas treshold maka uang sangat menentukan kebahagiaan.

Berapa batas treshold itu? Dia berada di antara 15 – 20 juta rupiah per bulan. Sebelum mencapai batas ini Anda akan berjibaku bekerja siang malam. Memeras keringat banting tulang  demi mendapati batas di atas. Karena masuk akal di tengah kehidupan yang semakin materialis seperti ini uang sangat signifikan buat menentukan tingkat kesejahteraan.

Semoga Anda dan saya sudah berada di batas treshold itu. Sehingga uang tidaklah menjadi fokus perhatian sehari-hari. Kita bisa membelanjakan uang tanpa merasa khawatir. Di sisi lain kita masih bisa menyisakannya buat kebutuhan investasi.

Baiklah kita lanjutkan 4 kunci berikutnya. Dimana minggu kemarin saya telah mendedahkan 3 kunci yaitu : Financial abundance mindset (mindset keberlimpahan), Writing your financial roadmap (Menuliskan impian keuangan), dan Sharpening your brain (Mengasah kekuatan otak).

#4 : Increase Your Profit. Tingkatkan Pendapatan Anda.

Setiap orang setidaknya dikategorikan menjadi 2 macam sumber pendapatan. Bila dilihat dari sumber penghasilan. Menjadi pekerja kantoran atau karyawan sebuah perusahaan. Yang lainnya memiliki usaha atau bisnis yang dapat menjadi andalan dalam mendapatkan income.

Rahasianya adalah bagaimana caranya Anda melipatgandakan gaji yang Anda terima tiap bulan dengan cara masuk akal. Bukan dengan mendatangi padepokan Kanjeng Dimas Taat Pribadi yahh. Bukannya uang berlipat tapi malah kesulitan berlipat-lipat. Cara seperti itu ngawur. Tidak berkah.

Cara berikutnya adalah bagaimana Anda sebagai pebisnis bisa meningkatkan profit atau keuntungan dari bisnis Anda. Sehingga jalan menuju financial freedom itu semakin terbuka lebar.

Dream job. Pekerjaan yang sesuai dengan impian kita memang akan semakin indah dalam rangka mewujudkan kebebasan finansial. Beberapa ciri pekerjaan impian itu ialah high salary (gaji tinggi). Apalah jadinya Anda sudah sekolah tinggi-tinggi tapi tidak mendapatkan bayaran yang tidak sepadan?

Ciri lain dari dream job adalah kesempatan karir yang bagus. Sebuah perusahaan yang dinamis cenderung akan memberikan kesempatan karir yang bagus kepada karyawannya. Karena mereka percaya pada talenta unik yang dibawa masing-masing pekerjanya. Di sisi lain keberlangsungan perusahaan juga harus dipertahankan. Bagaimana caranya? Yah dengan kesempatan karir ini.

#5 : Investing to Grow Your Money. Berinvestasi Agar Uang Anda Semakin Tumbuh.

Sebuah survey telah dilakukan oleh Kompas dan OJK terhadap karyawan Indonesia. Hasil survey membuktikan bahwa 95% karyawan Indonesia tidak siap menghadapi pensiun secara finansial. Saat Anda pensiun di usia 55 berarti Anda mempunyai kemungkinan hidup selama 20 tahun ke depan. Di Indonesia ekspektasi rata-rata hidup sudah berada di usia 75 tahun-an.

Jadi bila kebijakan perusahaan mengharuskan Anda pensiun di umur 55 maka Anda harus menyiapkan dana untuk hidup selama 20 tahun. Bila Anda tidak memiliki tabungan yang cukup bagaimana Anda bisa hidup tenang selama rentang 20 tahun itu?

Katakanlah saat ini umur Anda 35 tahun. Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak. Biaya hidup bulanan Anda sekitar 10 juta. Maka uang 10 juta 25 tahun yang akan datang akan sangat minim karena setiap tahun tergerus inflasi. Setiap tahun Anda membutuhkan uang sebesar 120 juta untuk biaya hidup. Bila Anda pensiun di usia 55 maka Anda harus menyiapkan dana pensiun sekitar 2,4 Milyar selama 20 tahun. Dengan begini Anda akan melewati masa pensiun dengan tenang.

Lalu bagaimana buat mengantisipasi hal itu? Jawabannya ialah dengan investasi. Sayangnya instrumen investasi di Indonesia seringkali menjadi bisnis penipuan. Sang penipu menjanjikan return on investment yang menggiurkan. Padahal prinsip investasi mengatakan high risk high return low risk low return. Jika Anda ingin mendapatkan return yang tinggi maka resiko investasinya juga tinggi. Juga sebaliknya. Maka berhati-hatilah memilih jenis investasi.

#6 : Boosting Your Health and Productivity. Jaga Kesehatan dan Tingkatkan Produktifitas.

Pada akhirnya setelah Anda bekerja keras Anda harus menjaga kesehatan agar tetap produktif. Karena bila sudah sakit ada hidden cost yang sangat mahal. Hidden cost-nya adalah Anda menjadi tidak produktif. Pikiran Anda menjadi loyo. Kreatifitas Anda menjadi suram . Akibatnya ide-ide segar untuk menjalankan bisnis semakin tidak berkembang.

Lalu kita berniat untuk membangun kebiasaan agar bisa tetap sehat dan produktif. Namun berapa orang yang bisa mewujudkannya? Tubuh yang sehat dan produktif itu ditopang oleh 4 pilar. Kita sebut saja 4 Good. Good food, Good rest, Good exercise dan Good mind.

Ada pepatah mengatakan you are what you eat. Makanan yang kita makan menentukan jiwa dan pikiran kita. Ada riset menarik tentang makanan. Ada dua kelompok responden. Masing-masing responden disajikan makanan yang berbeda. Responden pertama diberikan makanan junk food. Yang kedua diberikan hidangan sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Setelah menyelesaikan makanannya otak kedua responden di-scan. Ternyata otak responden yang memakan junk food metabolismenya menjadi terganggu. Dia menjadi malas berfikir. Hal ini terbukti ketika disodorkan soal latihan yang menuntut kreatifitas. Mereka tidak mampu melewatinya. Berbeda dengan responden lain yang memakan hidangan sehat. Mereka lebih kreatif dan produktif.

Di kesempatan lain kita akan bahas 3 Good berikutnya. Insya Alloh..

 #7 : Give and Express Your Kindness. Semangat Berbagi.

Akhirnya kita sampai pada step ketujuh. Financial freedom yang sejati memiliki ciri lebih banyak memberi, senang berbuat kebaikan, baik hati dan berjiwa dermawan. Kita menginginkan uang dan kekayaan yang kita miliki juga dapat dirasakan manfaatnya oleh orang lain. Tidak memiliki uang pun tidak masalah. Kita bisa berbagi ilmu pengetahuan lewat blog yang kita miliki. Seperti blog ini 😀

Para pejuang financial freedom sejati itu bukan orang-orang yang kikir juga sombong. Bukan orang licik yang mencari uangnya dengan jalan yang tidak halal. No, itu bukan pejuang sejati. Prinsip yang dipegang oleh para pejuang financial freedom sejati itu ialah : Pribadi yang kaya menjadi kian kaya justru karena ia rajin MEMBERI dan BERBUAT KEBAIKAN kepada sesama dan alam semesta. Menebar benih kebaikan akan berbalas pada kebaikan pula dan ini akan menjadikan hidup seseorang menjadi makin produktif dan makin makmur.

Akhirnya saya kutip firman indah dalam surat Al Baqoroh ayat 261 : Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Alloh adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Alloh melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Alloh Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Demikianlah 7 step menuju financial freedom yang layak diingat dan diperjuangkan.

#1 : Financial Abundance Mindset. Mindset keberlimpahan.

#2 : Writing Your Financial Roadmap. Menuliskan Impian Keuangan.

#3 : Sharpening Your Brain. Mengasah Kekuatan Otak.

#4 : Increase Your Profit. Tingkatkan Pendapatan Anda.

#5 : Investing to Grow Your Money. Berinvestasi Agar Uang Anda Semakin Tumbuh.

#6 : Boosting Your Health and Productivity. Jaga Kesehatan dan Tingkatkan Produktifitas.

#7 : Give and Express Your Kindness. Semangat Berbagi.

Selamat berjuang dan jadilah para pejuang financial freedom yang sejati !

Photo credit by : Luke Pamer @unsplash.com

NOTE :
Mau update artikel-artikel mencerahkan melalui smartphone seperti yang barusan Anda baca? Langsung saja invite pin BBM saya : D3027B50 atau save + invite nomor WA saya di 0856 9974 568. Bagi yang invite saya akan bagikan BONUS sebuah free ebook yang sangat menarik.

Related posts :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *