Kenali Rahasia di Pikiran Bawah Sadar untuk Melesatkan Potensi Dirimu

By | January 24, 2018

 

Kesehatan yang prima dan keberlimpahan hidup memang telah menjadi dambaan setiap orang. Setiap orang rela bekerja keras membanting tulang demi mewujudkan keinginan ini. Namun keinginan tinggal keinginan jika tinggal lamunan. Berapa banyak yang bisa mewujudkan itu semua dengan motivasi yang tetap terjaga hingga keinginan menjelma kenyataan.

Tidak banyak orang tahu. Ada rahasia yang amat sangat hebat tertanam di bawah pikiran manusia. Tidak banyak orang tahu. Pikiran sadar hanya mengendalikan 12% dari keseluruhan tubuhnya. Sisanya, 88% dikendalikan oleh pikiran bawah sadar. Celakanya jika pikiran bawah sadar bermuatan negatif maka hidup kita akan terperosok ke dalam kepahitan yang mendalam.

Sang Pencipta telah mendesain 2 jenis pikiran ini untuk kebaikan manusia. Pikiran sadar bertanggung jawab untuk mengendalikan keputusan sehari-hari berdasarkan analisa, logika, etika dan serangkaian jenis pertimbangan lainnya. Misal setelah lulus kuliah pikiran Anda mempertimbangkan untuk bekerja atau berwirausaha. Bila bekerja yang dipilih, pikiran Anda lalu akan mencarikan pertimbangan berdasarkan pengalaman dan pengetahuan Anda. Bekerja di perusahaan apa, posisi yang cocok untuk Anda, cara menghadapi interview seperti apa dan seterusnya. Singkatnya pikiran sadar Anda akan membimbing untuk mencarikan solusinya.

Sedangkan pikiran bawah sadar bertanggung jawab terhadap hal yang lebih mendasar seperti prinsip hidup, keyakinan atau belief system. Pikiran bawah sadar juga ikut mengendalikan denyut jantung, hirupan nafas, kedipan mata. Semua bagian tubuh yang tidak kita sadari bekerja dengan normal tanpa harus dikendalikan dari pikiran sadar. Kebayangkan, kalau setiap saat kita harus mengatur denyut jantung. Bagaimana kalau kita lupa? Bisa-bisa denyut jantung berhenti tiba-tiba dan kita pun hanya tinggal nama.

Istimewanya pikiran bawah sadar ini menentukan keputusan yang diambil oleh pikiran sadar berdasarkan belief system-nya. Mungkin Anda pernah merasa ragu mengambil keputusan. Padahal keputusan itu terlihat masuk akal bagi Anda. Namun karena di dalam pikiran bawah sadar sudah tertanam keragu-raguan maka Anda tidak jadi mengambil keputusan itu.

Itu adalah mental block. Mental block ini menghalangi dari kemajuan. Mental block adalah belenggu yang menghalangi Anda sampai ke tempat tujuan. Dan ini berbahaya. Mental block itu adanya dimana? Ada di pikiran bawah sadar manusia.

Hidup ini tidak akan terlepas dari kausalitas sebab-akibat. Kausalitas ini mengikat kepada seluruh makhluk ciptaan-Nya. Alam semesta, udara, cuaca, binatang bahkan manusia tidak akan pernah terlepas dari hukum Tuhan ini. Jadi apa yang Anda dapati hari ini adalah apa yang Anda usahakan di masa lalu.

Usaha apapun yang kita lakukan adalah hasil dari pikiran. Usaha ini akan menentukan hasil. Jadi bila ingin merubah hasil maka ubahlah tindakannya. Jika ingin merubah tindakan maka rubahlah pikirannya. Dalam hal ini isi pikiran bawah sadar. Saking pentingnya pikiran bawah sadar maka tidak boleh ada mental block tertanam di pikiran bawah sadar kita.

Lalu cara menghancurkan mental block-nya gimana?

Tidak ada cara lain selain kita harus bisa masuk ke dalam pikiran bawah sadar. Kita akses pikiran bawah sadar menggunakan teknik self hypnosis. Teknik ini memungkinkan kita berdialog dengan diri sendiri. Kita bisa menanamkan program yang kita mau. Misal mental block-nya adalah males baca buku. Maka kita bisa menyuntikkan sugesti buat rajin baca buku ke dalam pikiran bawah sadar kita. Lama kelamaan mental block itu akan hilang dan diganti dengan kebiasaan yang permanent.

Caranya seperti ini. Pertama, cari tempat yang membuat Anda nyaman. Misal di kamar tidur, di ruang tengah, di taman. Usahakan tempat ini sunyi dan jauh dari kebisingan. Agar Anda bisa lebih fokus. Pilih juga waktu-waktu yang enak buat relaksasi misal di keheningan malam atau di segarnya pagi hari.

Berikutnya Anda pejamkan mata dan usahakan rileks. Anda bisa memerintahkan pada tubuh untuk rileks dengan mengucapkan dalam hati seperti : Wahai tubuh saya izinkan kamu untuk rileks, tenang dan nyaman. Lebih spesifik lebih baik. Bisa diperintahkan per anggota tubuh agar kondisi relaksasinya sempurna.

Nah pada kondisi semua anggota tubuh rileks, masukilah alam pikiran bawah sadar kita. Periksa semua kekurangan atau mental block yang hinggap di pikiran bawah sadar. Amati satu per satu. Misal tadi males baca buku kita bisa sugestikan : Wahai tubuh aku tahu kamu males baca buku. Banyak sekali alasan yang merintangimu buat baca buku. Bukankah dengan membaca buku kamu akan memperoleh banyak ilmu. Dan dengan ilmu itu hidupmu tidak akan susah. Aku perintahkan kamu agar suka baca buku. Ulangi ini terus. Lama kelamaan ini akan menjadi mindset positif yang akan nempel di pikiran bawah sadar.

Sugesti bisa juga berupa visualisasi atau imajinasi impian kita. Kita sebut visualisasi positif. Saya pernah menuliskan visualisasi positif di sini. Waktu itu saya berimajinasi memiliki rumah dan mobil. Saking pengin punya, saya ulang terus setiap hari. Malah lebih spesifik. Untuk mobil saya perjelas visualisasinya berupa warna, bentuk bahkan sampai merknya. Begitupun rumah. Saya perjelas detail bangunannya, bentuknya, warna catnya dan sebagainya.

Alhasil imajinasi saya menjadi kenyataan. Saya benar-benar mengalami itu. Pikiran bawah sadar saya mendorong buat mencapai imajinasi itu. Sugesti positif yang dimasukkan ke pikiran bawah sadar menggiring semua anggota tubuh untuk bertindak positif. Akhirnya tindakan yang positif akan membuahkan hasil yang positif pula.

Well, selamat mencoba yah. SUKSES selalu buat Anda.

Photo by Joshua Earle on Unsplash

NOTE :
Mau update artikel-artikel mencerahkan melalui smartphone seperti yang barusan Anda baca? Langsung saja save + invite nomor WA saya di 0856 9974 568. Bagi yang invite saya akan bagikan BONUS sebuah free ebook atau audiobook. TINGGAL PILIH. Dua-duanya keren koq.

14 thoughts on “Kenali Rahasia di Pikiran Bawah Sadar untuk Melesatkan Potensi Dirimu

    1. Agus Kurnia S Post author

      Terimakasih. Alloh subhanahu wa ta’ala telah memberikan anugerah yg sangat luar biasa berupa pikiran kepada manusia.

      Reply
    1. Agus Kurnia S Post author

      Terimakasih Bunda Mahira. Sebagian besar tema artikel di blog ini memang untuk menginspirasi dan memotivasi pembacanya.

      Senang artikelnya bisa bermanfaat.

      Reply
  1. Harry dr.

    Subahanallah..terimkasih sahabatku mas agus..
    Sangat menginspirasi…
    Ditunggu tulisan selanjutnya

    Reply
  2. Agus Santoso

    Terima kasih sudah di sharing artikel yang menarik ini.
    Patut untuk dicoba dipraktekkan

    Reply
  3. Fajriyah

    Saya suka mengaji makna… Akan saya terapkan ilmunya di kehidupan saya… Terimakasih.. Salam sukses…

    Reply
  4. lambok frengky purba

    Terima kasih banyak mas agus atas artikelnya
    Semoga bisa membantu dan memotifasi hidup saya.

    Reply
  5. AKBAR

    Sangat bermanfaat sekali 😎 menambah wawasan saya 🙂 terimakasih untuk sharing nya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *