Duet Maut Couplepreneur Demi Menciptakan Kartika Snack yang Gurih dan Bikin Nagih

By | March 7, 2018

 

Hidup memang tidak semudah yang dikatakan Mario Teguh. Hidup adalah perjuangan. Di dalamnya terdapat banyak aral melintang. Mengarungi hidup berarti dibutuhkan strategi nafas panjang. Hidup memang menyimpan banyak misteri. Terutama misteri keberhasilan seseorang. Guru ngaji pernah berpesan, “Kelak bila ingin sukses di dunia maka raihlah dengan ilmu. Tapi bila kamu ingin sukses di akhirat maka carilah dengan ilmu. Namun bila ingin sukses keduanya (dunia dan akhirat) gapailah dengan ilmu”.

Rupanya belakangan ini saya tahu bahwa guru ngaji saya mengutip pesan dari Rosulullah sang pembawa pencerahan. Dalam agama saya, ilmu memiliki kedudukan penting. Sehingga dalam menentukan segala ucapan dan tindakan haruslah didasarkan pada ilmunya. Ngga asbun.

Senyampang dengan itu, minggu lalu kita telah membahas ada 3 elemen penting yang harus dimiliki untuk mencapai hidup yang lebih baik. Ketiga elemen itu adalah skill (kompetensi), kreatifitas dan daya resiliensi. Skill atau kemampuan yang dimiliki ini harus tumbuh mekar disiram dengan pengetahuan dan praktek di lapangan. Tidak hanya memiliki pengetahuan saja tapi dibarengi dengan prakteknya.

Sebab pengetahuan yang tidak dibarengi dengan praktek maka akan pincang. Sebaliknya praktek yang tidak disertai dengan ilmu juga akan ngawur. Sebab tidak memiliki arahan yang jelas karena tidak disertai dengan ilmunya. Maka mengkombinasikan keduanya bisa membuat kompetensimu lebih cetar membahana.

Elemen kedua ialah kreatifitas. Membuat produk yang asyik dan menarik adalah bagian dari pengejewantahan dari elemen ini. Kreatifitas selalu mendorong orang untuk mengubah tantangan menjadi peluang. Contoh transportasi online yang merebak sekarang ini. Tantangannya ialah mendekatkan sarana transportasi kepada calon penumpang. Bagaimana caranya agar setiap orang bisa pergi kemana saja tanpa harus nyamperin ke pangkalan ojek. Atau menjadi lusuh berlama-lama nungguin tukang ojek yang datang.

Dibalik tantangan ini berarti ada peluang. Terciptalah moda transportasi online seperti Go-jek, Grab atau lainnya. Sekarang mau kemana tinggal pesan via aplikasi. Bahkan bukan hanya ojek by motor tapi ojek by mobil juga bisa dipesan. See, selalu ada peluang dibalik tantangan. Gunakan kreatifitasmu dan temukan peluang itu.

Elemen terakhir ialah daya resiliensi. Istilah lain yang lebih akrab di telinga ialah tahan banting. Sesuai judul di atas saya akan bercerita tentang pasangan suami istri yang mengkombinasikan ketiga elemen ini dalam menciptakan produk cemilan (snack) bernama Kartika Snack yang asyik, gurih dan bikin nagih.

Kemampuan buat meracik kue cistik yang gurih itu sebenarnya dimiliki oleh sang istri. Sang istri memang sedari awal sudah terbiasa membuat aneka jenis makanan seperti kue, bolu, aneka jenis cemilan dan berbagai macam makanan. Bahkan nama Kartika disematkan dari nama istrinya karena produk cemilan ini sebagian besar merupakan hasil kreasi seni memasak indah sang istri.

Lalu apa peran sang suami? Sang suami yang lebih banyak menaruh minat dalam dunia desain grafis melukiskan kompetensinya dalam membuat logo untuk produk cemilan ini. Akentt begitu panggilan akrabnya. Memang sudah terbiasa membuat logo-logo yang keren. Menciptakan logo untuk Kartika Snack adalah hal yang mudah. Bukan itu saja, dengan bekal kreatifitasnya dia mempromosikan produknya lewat marketplace Tokopedia. Di sini sudah terlihat, masing-masing memiliki kompetensi. Sang istri kompeten dalam hal membuat cemilan. Sang suami piawai dalam bidang promosi.

Akibatnya apa? Terciptalah simbiosis mutualisma di antara keduanya. Cemilan yang enak dikemas dalam bentuk kemasan yang rapih dan profesional. Kamu penasaran kan? Sama saya juga. Bukan cuma saya dan Anda saja yang penasaran. Bahkan selebritis pun penasaran kepengen nyoba. Buktinya vokalis band Utopia menyukai cemilan gurih ini. Teh Pia, begitu panggilan akrabnya saking suka sama cemilannya rela berfoto sama produknya.

Fansnya Utopia pasti kenal banget sama vokalisnya. Pelantun lagu Antara Ada dan Tiada yang pernah hits dan jadi soundtrack sinetron salah satu tv swasta itu menyukai cistik Kartika Snack rasa original dan keju. Katanya rasanya gurih, renyah dan emang bikin nagih.

Ini menandakan produknya gak main-main.

Lalu elemen resiliensinya gimana? Mempopulerkan produk baru bukan hal gampang mas. Jika produknya sampai dikenal orang bahkan selebritis pun suka itu menandakan perjuangan. Belum lagi masalah kehabisan bahan, kekurangan modal, belum waktu buat mengurus anak. Semua itu sangat menyita waktu dan perhatian. Namun semua itu tantangan.

Beberapa kali dalam status whatsapp-nya saya lihat banyak orderan masuk. Bahkan sang suami rela begadang menemani sang istri membuat adonan. Hidup memang perjuangan. Tentunya hal ini mereka lakukan untuk memekarkan produk Kartika Snack. Selalu menjaga agar pasokan cemilan selalu ada dimana ada permintaan.

Dengan begini duet maut tidak terelakkan.

Seiring dengan kegiatan mereka membuat cemilan yang gurih dan bikin nagih ini ada harapan kelak produknya bisa membanjiri pasar lokal bahkan mancanegara. Sebuah mimpi yang tak mudah. Tapi seiring dengan kekuatan 3 elemen penting yang bersemayam dalam diri mereka target seperti ini bakalan mungkin terwujud.

Buat kamu yang tinggal di daerah Cimahi, kamu beruntung banget bisa dapat produk ini dengan mudah. Yang tinggal di luar kota yanh jangan sedih. Kamu bisa membelinya secara online. Kamu bisa wa ke nomor ini Kartika 0821 2099 8405.

Jangan diem-diem bae.

Ngopi napa ngopi?

Ngemil napa ngemil?

Ngopi sambil ngemil Kartika Snack napa? ­čśÇ

Begitu duet maut itu berpesan buat Anda pencinta snack di seluruh dunia.

Akhirnya sebuah kata yang patut direnungkan di pagi ini tentang 3 elemen krusial agar bisa mengubah nasib hidupmu. Kompetensi. Kreatifitas. Daya resiliensi.

Photo by Isara Senarathne on Unsplash

NOTE :
Mau update artikel-artikel mencerahkan melalui smartphone seperti yang barusan Anda baca? Langsung saja save + invite nomor WA saya di 0856 9974 568. Bagi yang invite saya akan bagikan BONUS sebuah free ebook atau audiobook. TINGGAL PILIH. Dua-duanya keren koq.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *